A. Tugas 1 Menangkap Makna
1. Baca teks "Remaja dan Game Online" !
2. Cari deskripsi makna kata sulit di KBBI. Kemudian buatlah kalimatnya !
3. Identifikasi struktur teksnya : resume, deskripsi kelebihan dan kekurangan,
judgement/penilaian keseluruhan. Sertakan gagasan utama masing-masing struktur !
judgement/penilaian keseluruhan. Sertakan gagasan utama masing-masing struktur !
Remaja dan Game Online
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan,
termasuk perkembangan game online di
internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan computer atau
telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap
anak dan lingkungannya.
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat
memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang dapat
memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang
beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur
kekerasan, kekejaman, dan tindak lain yang sebenarnya tidak disarankan
untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi
oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka
sudah lazim di game-game yang beredar.
Anak yang bermain game
online secara berlebihan dapat membuat
anak itu menjadi tidak bisa lepas
dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola
hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain
game
online
Pendapat yang telah
disajikan tersebut mungkin benar. Akan
tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan.Akan tetapi, banyak
juga sisi positif yang diperoleh anak jika
mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online
dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik
mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih,
merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi,
dan merangsang kemampuan mereka
berpikir untuk memecahkan masalah.
Alasan berikutnya
adalah data yang menyatakan bahwa ada
korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online
dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online
dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat
diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan dimana anak
harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
Secara umum saya sebagai
penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan
bahwa game online memiliki dampak
negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online
secara proporsional dan bertanggung jawab.
Untuk itu, peran
orang tua dalam memberikan arahan
dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran
pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan
internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
*Setelah membaca teks tersebut, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas*
- Mencari 10 deskripsi makna kata sulit dan membuat kalimatnya !
=> Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Kalimat : Remaja zaman sekarang rata-rata sudah mengikuti kemajuan teknologi.
02. Game Online
=> Permainan video game yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer, menggunakan komputer pribadi atau konsol video game.
Kalimat : Hampir setiap hari Roni memainkan game online sehingga matanya menjadi rusak.
03. Dampak
=> Pengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif); benturan.
Kalimat : Jaka selalu pergi bersama temannya mengikuti balapan liar yang akan menyebabkan dampak negatif bagi dirinya sendiri, keluarga, dan orang lain.
04. Mengusung
=> Mengangkut (membawa sesuatu dengan cara menempatkannya di atas bahu).
Kalimat : Mereka mengusung jenazah itu dengan tandu.
05. Hasrat
=> Keinginan (harapan yang kuat).
Kalimat : Semenjak ditinggal pergi kedua orang tuanya, hasrat Rani untuk mencari kedua orang tuanya tiada tertahan lagi.
06. Komprehensif
=> Bersifat mampu menangkap (menerima dengan baik).
Kalimat : Ranti sangat komprehensif ketika guru sedang mengajar.
07. Ranah
=> Tanah rata; dataran rendah; lembah.
Kalimat : Annisa berasal dari ranah minang.
08. Akademis
=> Bersifat ilmiah; bersifat ilmu pengetahuan; bersifat teori.
Kalimat : Murid-murid di sekolah itu diberi soal-soal akademis oleh gurunya.
09. Proporsional
=> Sesuai dengan proporsi; sebanding; seimbang; berimbang.
Kalimat : Badan pemain sepak bola itu sangat proporsional.
10. Kecanduan
=> Kejangkitan suatu kegemaran (hingga lupa hal-hal lain).
Kalimat : Banyak pemuda/pemudi yang sudah kecanduan narkoba.
- Mengidentifikasi struktur teks dan membuat gagasan utama masing-masing struktur !
" Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet."
* Deskripsi Kekurangan dan Kelebihan=> Paragraf 2-7
" Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang kurang baik dari game online ini, seperti wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka. Jika terlalu sering bermain game online akan berpengaruh pada kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat. Akan tetapi, selain dari itu ada juga sisi positifnya yaitu dapat merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, meatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi terlatih, kemampuan dalam berstrategi dan merangsang kemampuan mereka untuk memecahkan masalah. Dampak buruk di atas dapat diselesaikan jika orang tua dan anak selalu berkomunikasi dan harus tahu kapan dan di mana anak harus bermain game online."
* Judgement=> Paragraf 8 dan 9
"Secara umum saya sepakat bahwa game online memiliki dampak negatif. Tetapi, banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak. untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi mempunyai porsi masing-masing."
*Tidak pernah ada kata TERLAMBAT untuk mendapatkan apa yang kita INGINKAN*
^GOOD LUCK^
TULIS KOMENTAR ANDA DI BAWAH SINI YAA ! ^_^
||
v
^GOOD LUCK^
TULIS KOMENTAR ANDA DI BAWAH SINI YAA ! ^_^
||
v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar